Arti Slogan Mayag Hegar Marahmay

Lazimnya sebuah gapura disetiap pintu kedatangan di wilayah tertentu akan tertera tulisan dengan kalimat SELAMAT DATANG . Dan ketika meninggalkan daerah tersebut kita akan disapa dengan kalimat SELAMAT JALAN.

Ini juga ada di gapura Dukuh Mayag yang baru saja dibangun. Ketika kita datang dari arah utara , kita bisa melihat pada gapura ada kalimat SELAMAT DATANG DI DUKUH MAYAG . DESA NEGLA -LOSARI - BREBES.
Pun begitu saat meninggalkan Dukuh Mayag , pada sisi sebelah selatan pada gapura tertera tulisan SELAMAT JALAN MAYAG HEGAR MARAHMAY.

Sekilas bagi yang sebatas melintas tidak akan mengerti maksud dari kalimat tersebut. Mungkin dibenak mereka yang melintas tidak akan ada pertanyaan apa arti Hegar Marahmay.
Namun bagi sebagian warga masyarakat Dukuh Mayag yang memiliki Gapura Dukuh Mayag , rasa penasaran pasti ada dan ingin tahu apa arti kata Hegar Marahmay.
Karena ketika gapura sudah berdiri dan tertera kalimat tersebut , banyak warga masyarakat Mayag tidak tahu artinya.
Maka penjelasan akan hal itu sangat penting agar masyarakat Dukuh Mayag khususnya paham akan hal ini.
Sebagaimana dijelaskan oleh Kadus Mayag ( Bapak Rohidi ) ketika ada yang bertanya di forum grup WA eL Mayagi , beliau menjelaskan arti kata Hegar Marahmay.

" Hapunten kanu gaduh pertanyaan ieu nembe bade aya jawaban . Tapi punten lamun geus pada nyaho arti sareng tujuanana kudu di buktikeun ku warga mayag sakabeh. Kusabab ngandung ciri wanci keur Dukuh Mayag katut eusina , hum bae ka warga mayag .
HEGAR MARAHMAY tina dua kata ;
HEGAR = ngenaan kana Dukuhna / alamna asri ,indah menyegarkan.
MARAHMAY = ngeunaan kan pangeusina / wargana pendudukna ngandung arti HADE SEMU = AKHLAK BUDI PEKRTI YG BAIK SOPAN SANTUN RAMAH TAMAH.
Tah mangka jadi ciri wanci urang Mayag mana oge era lamun teu bisa siga kitu.... tah kitu nu di maksud ku Pak Gede MAYAG HEGARMARAHMAY .
Enya alamna nya jamana sangat bersahabat pikayungyuneun.
Kitu tah manawi nu dimakaud.
Kirang langkungna hapunten . Ka karuhun Dukuh Mayag. Nu ngajaga ngaraksa Dukuh Mayag nu teu weleh ider jagat tepung gelang Buyut Kusuma Ranajaya ...Buyut Jayaberdangga buyut Ranten ...Alfatihah "

Demikian penjelasan beliau dalam bahasa sunda ( bahasa sunda khas Dukuh Mayag ) yang kalau diartika secara singkat sebagai berikut ;
HEGAR = itu maksudna melambangkan alam Dukuh Mayag yang asri , indah dan menyegarkan.
MARAHMAY = berkenaan dengan kondisi perilaku masyarakatnya yang harus berakhlak baik , sopan santun ramah tamah dan berdudi pekerti yang luhur.

Jadi kalau sudah tahu artinya , beliau mewanti - wanti agar dibuktikan oleh warga Mayag . Bukan hanya slogan penghias gapura saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuatan Gapura Dukuh Mayag

Go Green Mayag 2020

Tradisi Yang Masih Ada di Kampung Mayag