Perayaan HUT ke 71 Republik Indonesia di Dukuh Mayag


Seperti perayaan peringatan Kemerdekaan RI yang biasa dilaksanakan , pada tahun ini kembali masyarakat Dukuh Mayag memeriahkan acara peringatan HUT ke 71 Republik Indonesia yang tidak kalah meriah dari tahun sebelumnya.
Rangkaian acara dilaksanakan oleh jajaran panitia HUT ke 71 Republik Indonesia di Dukuh Mayag.
Dari mulai berbagai lomba untuk kategori anak -anak , remaja dan dewasa baik laki - laki maupun perempuan.
Penampilan peserta aksi tersaji diatas panggung yang didesain sedemikian rupa sehingga sudut pandang dapat terlihat dari empat arah. Lokasi panggung seperti biasa berada di alun - alun Dukuh Mayag ( prarapatan ). Sangat teristimewa karena pada peringatan HUT ke 71 RI tahun ini , berbarengan dengaan agennda rutin masyarakat Dukuh Mayag yang merupakan tradisi warisan yaitu " Sedekah Bumi ".

Peserta Karnaval
Tahun ini kemeriahan peringatan HUT RI Ke-71 Dukuh Mayag semakin semarak dengan jumlah dan keragaman peserta karnaval. Masing - masing RT menampilkan perwakilan peserta karnaval dengan kostum dan gaya berbeda sesuai dengan konsep yang mereka bawa.
Sebagai gambaran berikut para peserta karnaval HUT ke 71 Republik Indonesia di Dukuh Mayag.

WARGA RW 08


1.PPKB RT. 01/08

Dikomandani oleh ketua RT 01/08 -nya Bapak Wahyudin dan Ibu.
PPKB adalah singkatan Pengiring Penganten Keren Banget yang menampilkan serombongan pengiring pengantin . Berpakain kebaya dan batik lengkap dengan atribut layaknya rombongan pengantin.
2.MULYA LESTARI ( RT 02/08)
Menampilkan peserta karnaval dengan kostum anggota pramuka dan anggota PMR lengkap dengan atributnya.
3. MEKAR ASIH ( RT 03 / 08 )
Menampilkan kesan yang bertema olahragawan ( atlit ) dengan kostum kaos merah kombinasi abu - abu dengan celana panjang trening senada.
4.RT 04/09 Bapak Sajam
Tidak mengusung nama spesifik , namun mengesankan ibu - ibu energik dengan kostum kaos merah kombinasi putih. Dan ada sebagian yang mengenakan kotum anggota Polwan.

WARGA RW 09


1.MACAN DPR ( RT. 01/09 )

Adalah singkatan dari Mama Cantik dari Dapur Megaria.
Mengenakan kostum batik warna hijau dipadu dengan bawahan warna hitam , ditambah dengan mengenakan peci warna hitam.
2.MAYA LAPIN BLANCO ( RT. 01/09 )
Adalah sekelompok ibu - ibu yang menamakan dirinya " Mamah Gaya Lapangan Pinto Blanco ". Mengenakan kostum waran cokelat dengan bawahan warna hitam lengkap dengan topi ala koboy dan kompak mengenakan kacamata hitam.
3. MACAN GANGLER (RT. 02/09 )
Kelompok ibu - ibu peserta karnaval yang mengenakan kostum ala KOWAD ( Korps Wanita Angkatan Darat ). Mama Cantik Gang Kaler adalah peserta yang paling heboh dan unik. Kostum ala Kowad lengkap atribut , topi , sepatu , pakaian loreng serta muka yang dicat dengan warna merah putih.
4.Ibu - Ibu Penuh CERIA ( RT 03/09 )
Sekelompok ibu - ibu peserta karnaval dengan kaos warna putih dengan tulisan CHAMPOES dengan setelan rok warna hitam . Yang membuat pangling kelompok ini adalah dandanan mereka seperti di Make-Over.
5.Kelompok Ibu - Ibu CERIWIS ( RT. 04/09 )
Sesuai dengab namanya CERIWIS
kelompok peserta karnaval ini terlihat paling banyak dengan kostum kaos hijau bergaris . Potongan rambut yang dikuncir 2 menjadi ciri mereka CERIWIS layaknya anak remaja.

Peserta Lainnya


1. ITB ( Ibu - Ibu Tani Beraksi )

Adalah kelompok peserta karnaval dengan kostum seperti petani . Pesertanya adalah kelompok ibu - ibu yang keseharuannya kerja di sawah atau kebun bawang .
Selain kostum mereka juga membawa beberapa bibit tanaman , hasil tani dan peralatan pertanian seperti cangkul , arit dan sebagainya.
2.REOG
Dengan mengenakan kostum kaos warna kuning sponsor dari sebuah produk cat " AVITEX " peserta karnaval ini memeriahkan acara HUT RI Ke 71 dengan menampilkan kesenian tradisional " REOG ".
3. Peserta karnaval dari kalangan anak -anak sekolah mulai dari tingkat PAUD samapai tingkat SMA/ SMK dengan seragam masing - masing
4. Peserta karnaval perangkat desa ( Kadus dan jajaran RT/RW ) serta para guru dengan seragam korps pegawai negeri.
5. Peserta karnaval dari masyrakat dengan serempak mengenakan baju batik , komunitas pemuda , pengurus DKM dan sebagainya.
Puncak acara adalah pemberian hadiah bagi peserta karnaval yang mendapat penilaian juri sebagai peserta karnaval yang unik , kompak dan terus mengikuti rangkaian jalur karnaval mulai dari prapatan ke desa Negla - Desa Randegan dan kembali lagi ke alun - alun Mayag ( prapatan ).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuatan Gapura Dukuh Mayag

Go Green Mayag 2020

Tradisi Yang Masih Ada di Kampung Mayag