RIMBA El-Mayagi : Komunitas Remaja Islam Dukuh Mayag

Selesai acara pelantikan , anak - anak RIMBA El-Mayagi berfoto bersama dengan jajaran pengurus DKM,para ustadz , sesepuh dan tokoh agama


RIMBA EL MAYAGI Komunitas Remaja Islam Masjid Baitul Muttaqin


Ketika kita mendengar kata RIMBA terbayang dalam pikiran kita adalah sebuah tempat gelap penuh pepohonan yang rimbun , rumput tinggi dan banyak binatang buas. Atau sejenak akan terlintas perumpamaan hukum " yang kuat yang menang " alias hukum rimba.

Tetapi ini bukan !

Sebelum menjelang datangnya bulan romadhon 1438 H , sekitar tanggal 23 Mei 2017 hari Selasa malam Rabu di Dukuh Mayag ada kegiatan pengukuhan / pelantikan komunitas remaja islam yang diberi nama : RIMBA EL- Mayagi.

Kenapa namanya RIMBA ?


Sebelum proses pelantikan , terlebih dahulu diadakan musyawarah dalam rangka menentukan nama komunitas , ketua dan sekretaris serta bendahara yang nantinya akan mengisi pos - pos tersebut.
Musyawarah melibatkan anak remaja Mayag yang memang mempunyai niat ingin terbentuknya sebuah komunitas remaja islam di Dukuh Mayag. Selain para remaja , musyawarah juga melibatkan DKM sebagai mediator / fasilitator dan tokoh agama yang ada di Mayag.

Pada awalnya banyak nama yang diusulkan oleh peserta , bahkan melibatkan orang - orang yang ada di perantauan melalui media sosial ( chat WhatApp ) untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan usulan nama komunitas yang cocok dan baik.
Contoh saja nama komunitas diusulkan adalah tetap dengan nama IRMAS ( Ikatan Remaja Islam Masjid ).  Ada lagi yang mengusulkan dengan nama Al Karim  ( Komunitas Remaja Islam Masjid ). Serta beberapa nama lainnya seperti Wadah Silaturahim Remaja Islam Masjid dan lain sebagainya.
Dari sekian nama yang diusulkan , peserta rapat bermufakat dengan nama RIMBA yang merupakan usulan dari para remaja sendiri yang mempunyai makna dinamis , simpel , familiar dan kekinian yang mengesankan tidak kolot.

Pelantikan dan Ikrar RIMBA El- Mayagi


Acara pelantikan dilaksanakan berbarengan dengan pengajian dalam rengka menyambut datangnya bulan ramadhan 1438 H. Sebagai pelaksana DKM Baitul Muttaqin mengemas acara tersebut secara sederhana. Pengajian tersebut berlokasi di halaman masjid Baitul Muttaqin Dukuh Mayag.

Selain pembacaan ikrar dalam pelantikan RIMBA El-Mayagi tersebut , juga diisi dengan tausiyah oleh  Ustad Husein dan pembacaan sholawat oleh Tim Hadroh Rihal Huda.
Hadir dalam acara tersebut ketua dan jajaran pengurus DKM , tokoh agama , tokoh masyarakat , tokoh pemuda serta tamu undangan dan hadirin pengajian.

Dengan terbentuknya komunitas RIMBA El -Mayagi menambah komunitas  remaja yang ada sebelumnya di Dukuh Mayag.
Dengan harapan potensi , pikiran , gairah, gejolak jiwa remaja dapat disalurkan melalui kegiatan positif. Serta mendukung kehidupan bermasyarakat di Dukuh Mayag dengan tugas pokok dan fungsinya masing - masing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuatan Gapura Dukuh Mayag

Go Green Mayag 2020

Tradisi Yang Masih Ada di Kampung Mayag